Tempat Berbagi Ilmu

Tingkatan Manajemen

TINGKATAN MANAJEMEN

                Tingkatan manajemen dimulai dari tingkat bawah/pelaksana sampai tingkat puncak. Bagaimanakah cara pembagiannya? Lihat gambar di bawah ini !

1.       Manager puncak (Top manager)
Manager puncak merupakan jenjang tertinggi dalam manajemen, tidak hanya posisinya yang tinggi  tapi juga tanggung jawabnya. Mereka bertanggung jawab sebagai pengambil keputusan yang mencakup seluruh organisasi juga menetapkan kebijakan serta strategi. Oleh karena itu kualifikasi yang harus dimiliki adalah 75% mampu menguasai konsep artinya mampu membuat perencanaan untuk dilaksanakan oleh tingkat manager dibawahnya, sedangkan 25% menguasai teknis pelaksanaan,. Siapakah yang disebut sebagai manager puncak? Diantaranya  : Presiden komisaris, Presiden Direktur, Direktur Utama, Dewan Direktur, Presiden dan Wakil Presiden.

2.       Manager menengah (Middle manager)
Manager menengah berada diantara manajer puncak dan manager tingkat bawah/pertama. Manager menengah bertanggung jawab menjalankan rencana-rencana yang telah dibuat oleh manager puncak. Tentunya tugas ini dijalankan bersama-sama dengan manajer tingkat pertama. Oleh karena itu manajer menengah harus bekerjasama dengan baik dengan manajer tingkat pertama agar semua rencana dapat berjalan dengan baik. Seorang manajer menengah harus mempunyai ketrampilan manusiawi, 50% menguasai konsep, dan 50% menguasai teknik. Manajer menengah harus mampu memahami, bekerja sama, memotivasi orang lain baik secara individu maupun kelompok, disamping itu juga harus mampu menyusun perencanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mereka bertanggung jawab pada manajer puncak. Yang termasuk manajer menengah antara lain : kepala biro, kepala bagian, manajer pabrik, kepala unit, pemimpin proyek

3.       Manajer tingkat pertama/bawah (First level manager/lower manager)
Manager tingkat pertama inilah yang berhubungan langsung dengan pekerja. Mereka bertanggung jawab menjalankan keputusan dan rencana yang telah dibuat oleh manejer menengah. Untuk menjalankan tugas tersebut, manajer tingkat pertama harus menguasai 25% konsep dan ketrampilan teknis 75% meliputi prosedur, teknik, pengetahuan dan keahlian dalam bidang khusus. Manajer tingkat pertama bertanggung jawab kepada manajer tingkat menengah. Yang termasuk manajer tingkat pertama/bawah adalah mandor, supervisior

                Menurut Robert Z. Katz ada 3 jenis keterampilan dasar yang diperlukan menejer yaitu :
a.       Keterampilan konsep (conceptual skill) adalah kemampuan mengkoordinasikan kegiatan dan memadukan kepentingan organisasi
b.      Ketarampilan manusiawi (human skill) adalah keterampilan kerja sama dengan atasan, teman  sejawat atau bahawan termasuk kemampuan memotivasi dan berkomunikasi

c.       Keterampilan teknik (technical skill) adalah keterampilan yang memungkinkan menejer melakukan pekerjaannya
Tag : Ekonomi
0 Komentar untuk "Tingkatan Manajemen"

Back To Top