TINGKATAN MANAJEMEN
Tingkatan
manajemen dimulai dari tingkat bawah/pelaksana sampai tingkat puncak. Bagaimanakah
cara pembagiannya? Lihat gambar di bawah ini !
1. Manager
puncak (Top manager)
Manager
puncak merupakan jenjang tertinggi dalam manajemen, tidak hanya posisinya yang
tinggi tapi juga tanggung jawabnya. Mereka
bertanggung jawab sebagai pengambil keputusan yang mencakup seluruh organisasi
juga menetapkan kebijakan serta strategi. Oleh karena itu kualifikasi yang
harus dimiliki adalah 75% mampu menguasai konsep artinya mampu membuat
perencanaan untuk dilaksanakan oleh tingkat manager dibawahnya, sedangkan 25%
menguasai teknis pelaksanaan,. Siapakah yang disebut sebagai manager puncak?
Diantaranya : Presiden komisaris, Presiden
Direktur, Direktur Utama, Dewan Direktur, Presiden dan Wakil Presiden.
2. Manager
menengah (Middle manager)
Manager
menengah berada diantara manajer puncak dan manager tingkat bawah/pertama. Manager
menengah bertanggung jawab menjalankan rencana-rencana yang telah dibuat oleh manager
puncak. Tentunya tugas ini dijalankan bersama-sama dengan manajer tingkat
pertama. Oleh karena itu manajer menengah harus bekerjasama dengan baik dengan
manajer tingkat pertama agar semua rencana dapat berjalan dengan baik. Seorang manajer
menengah harus mempunyai ketrampilan manusiawi, 50% menguasai konsep, dan 50%
menguasai teknik. Manajer menengah harus mampu memahami, bekerja sama,
memotivasi orang lain baik secara individu maupun kelompok, disamping itu juga
harus mampu menyusun perencanaan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Mereka bertanggung
jawab pada manajer puncak. Yang termasuk manajer menengah antara lain : kepala
biro, kepala bagian, manajer pabrik, kepala unit, pemimpin proyek
3. Manajer
tingkat pertama/bawah (First level manager/lower manager)
Manager
tingkat pertama inilah yang berhubungan langsung dengan pekerja. Mereka bertanggung
jawab menjalankan keputusan dan rencana yang telah dibuat oleh manejer menengah.
Untuk menjalankan tugas tersebut, manajer tingkat pertama harus menguasai 25%
konsep dan ketrampilan teknis 75% meliputi prosedur, teknik, pengetahuan dan
keahlian dalam bidang khusus. Manajer tingkat pertama bertanggung jawab kepada
manajer tingkat menengah. Yang termasuk manajer tingkat pertama/bawah adalah
mandor, supervisior
Menurut Robert Z. Katz ada 3
jenis keterampilan dasar yang diperlukan menejer yaitu :
a.
Keterampilan konsep (conceptual skill) adalah
kemampuan mengkoordinasikan kegiatan dan memadukan kepentingan organisasi
b.
Ketarampilan manusiawi (human skill) adalah
keterampilan kerja sama dengan atasan, teman
sejawat atau bahawan termasuk kemampuan memotivasi dan berkomunikasi
c.
Keterampilan teknik (technical skill) adalah
keterampilan yang memungkinkan menejer melakukan pekerjaannya
Tag :
Ekonomi
0 Komentar untuk "Tingkatan Manajemen"